EkonomiPilihan

Memasuki Musim Panen, Pedagang Buah Duku Mulai Bermunculan

Jumat, 07 Oktober 2016 13:28:14 | Dibaca: 313
buah duku

amien

Bergabung: 07 Okt 2016
Bagikan:
Beritasumut.com-Bila berkendara di Jalan Perintis Kemerdekaan dari arah pusat Kota Binjai yang menghubungkan jalur alternatif menuju Kabupaten Langkat dengan Propinsi Aceh, tepatnya di persimpangan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, kini mulai disuguhi pemandangan indah sepanjang jalur tersebut.

Deretan penjual buah duku musiman terlihat berdagang di sepanjang jalur trrsebut dan menggoda mata bagi pengendara. Buah duku atau bahasa latinnya Lansium Domsticum kini ramai terlihat di jalur tersebut di karnakan buah duku dari wilayah di kota Binjai kini memasuki musim panen.

Menurut Siska, salah seorang pembeli buah duku mengaku, dirinya bersama keluarga sengaja membeli buah duku karna kegemaran dirinya terhadap buah yang hanya musim sekali setahun ini. "ini kita mau beli duku yang memiliki rasa manis yang terdapat dukunya, ini memang buah paporit di rumah kami," ujarnya.

Memasuki musim panen buah duku, sejumlah pedagang di Kota Binjai mengaku kebanjiran omset.

Menurut Putra, pedangang buah duku, dalam perharinya, 2 sampai 3 ton buah duku mampu di jual secara eceran di lapak dagangannya, dengan harga penjuan mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 12.000 per kG.

"Biasa sih ini mau lakunya sampai 3 ton habis dukunya, kita jual harganya dua belas ribu, kalo sore gitu mau lah kita jual sepuluh ribu bang," ujarnya.

Jika memasuki hari libur, perharinya buah duku ini bisa habis terjual hingga empat ton. Selain dijual di wilayah Kota Binjai buah duku tersebut juga dijual sampai ke wilayah Aceh hiNgga Propinsi Sumatra Selatan, Palembang
Beri Nilai:

Nilai: 1

Cerita Sumut

Menarik

Komentar: 0

Anda harus login terlebih dahulu untuk memberi komentar
Tentang Kami Syarat dan Ketentuan